Langsung ke konten utama

Indonesia Surganya Street Food

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan sumber daya alam. Dari sumber daya alam yang ada, dengan pintarnya masyarakat Indonesia mengelolanya menjadi sebuah hal yang sangat menakjubkan. Salah satunya tercipta beragam jenis makanan dengan berbagai citarasa yang berbeda dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi warga negara Indonesia, khususnya saya.
Tidak hanya menciptakannya saja, tetapi mereka sangat memiliki jiwa wirausaha yang tinggi yaitu membuka usaha untuk menjual makanan tersebut. Kebanyakan usahanya adalah "street food" yang dijual menggunakan gerobak, sepeda, motor, mobil, tenda, dan lain sebagainya. Untuk dapat menemukan street food ini sangatlah mudah, mereka hampir selalu ada di setiap jalan.
Dengan adanya street food ini, saya sebagai warga negara Indonesia yang menetap di kota Palembang (Sumatera Selatan, Indonesia) dapat menikmati berbagai jenis makanan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, sehingga saya tidak perlu pergi jauh sampai keluar kota maupun pulau dengan ongkos transportasi yang begitu mahal untuk dapat menikmatinya. Tidak hanya itu, harga untuk dapat menikmati makanan inipun tidaklah mahal. Dengan uang Rp20.000,- kita bisa menikmati berbagai jenis makanan yang berbeda.
Sering kali saya mendengar bahwa street food itu kebersihannya sangat diragukan. Bagi saya mungkin hanya segelintir penjual saja yang kurang memerhatikan kebersihannya, jadi saya tidak pernah takut untuk membeli dan menikmati berbagai street food yang dapat saya jumpai dimanapun saya berada. 
Street food inipun tidak hanya digemari oleh masyarakat tingkat menengah kebawah tetapi juga mereka yang berada ditingkat menengah ke atas, jadi dapat disimpulkan bahwa street food ini sangat digemari oleh seluruh kalangan masyarakat.

Street food juga membawa banyak keuntungan untuk semua orang, antara lain:Penjual : 
  Mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi yang memuaskan sehingga bisa digunakan untuk hal yang lain,
  Mendapatkan kesenangan karena makanan yang mereka buat dapat menyenangkan lidah dan hati para pelanggan mereka,
   Mendapatkan wawasan tentang pengetahuan marketing,
   Mendapatkan banyak teman,
   Dan lain-lain.
     Pelanggan atau Penikmat Makanan :
 Mendapatkan kesenangan lidah maupun hati karena dapat menikmati makanan yang lezat dan tidak merogoh kocek yang dalam,
 Mendapatkan sebuah pengalaman yang luar biasa dapat menikmati berbagai makanan yang ada di berbagai daerah di Indonesia,
   Mendapatkan banyak teman,
   Mendapatkan suasana yang bisa istimewa yaitu menyatu dengan alam,
   Dan lain-lain.
     Bagi Orang Lain (Pengamen) :
   Mendapatkan peluang untuk mengais rezeki,
   Dan lain-lain.

Street food ini juga memiliki kekurangan sehingga perlu ditingkatkan oleh penjualnya, antara lain:
  Perlu meningkatkan atau menciptakan citarasa yang baru sehingga semakin variatif,
  Perlu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan sehingga tetap dapat menjaga kepercayaan para pelanggannya,
  Perlu meningkatkan promosi sehingga pelanggannya makin luas atau banyak,
 Perlu memvariatifkan penyajian makanan karena biasanya pelanggan pertama kali menilai makanan itu layak dinikmati dari penyajiannya,
 Pelu adanya kreatifitas dalam pengemasan makanannya ketika seorang pelanggan ingin membawanya pulang atau tidak makan ditempat.

Ooh iya, dari tadi saya sangat serius menerangkan street food Indonesia, sekarang saya mau berbagi jenis street food yang sangat sering saya nikmati, diantaranya:
No.
Nama Street Food
Penjelasan
1.
Gado-Gado
Makanan ini merupakan campuran beberapa sayuran ditambah lontong yang disiramin dengan kuah kacang. 
2.
Rujak
Makanan ini merupakan campuran berbagai jenis buah yang disiramin dengan kuah kacang yang ditambahin sedikit cabai sehingga ada sensasi pedas manis saat kita menikmatinya.
3.
Bakso
Terbuat dari daging sapi yang dicampur denga terigu. Makanan ini biasanya dinikmati dengan sayur toge, sawi manis, teburan bawang goreng serta daun sob yang digenangi dengan kuah.
4.
Sate Padang
Merupakan makanan khas dari Sumatera Barat yang biasanya disantap dengan lontong dan kuas kacang khas Sumatera Barat.
5.
Pempek, Model,  Tekwan, Mie Celor
Ini merupakan makanan khas dari Sumatera Selatan.
6.
Es Kacang Bang Mamat
Merupakan salah satu minuman yang paling diminati semua orang di Palembang.
7.
Siomay dan Batagor
Merupakan makanan khas Jawa Barat.
8.
Nasi Goreng Cumi-Cumi
Ini merupakan salah satu menu berbuka puasa saya bersama teman-teman di sekitar lapangan parkir GOR.
9.
Es Pisang Hijau
Saya sangat penasaran dengan tampilan dan rasa es ini, dari penasaran inilah akhirnya saya mencoba untuk mencicipinya dan akhirnya kecanduan.
10.
Kacang Rebus dan Kacang Goreng
Setiap pulang ke Padang, saya selalu menyempatkan untuk membeli makanan ini.
11.
Es Potong, Cilok, Kue Lidi
Merupakan makanan SD yang sangat saya kangenin.
12.
Gorengan
Salah satu makanan favorit saya, tapi yang paling saya senangi adalah pisang molen. Setiap membeli gorengan, pasti hal yang pertama kali saya cari adalah pisang molen.
13.
Bubur Kampiun
Salah satu menu favorit berbuka puasa saya dan keluarga di rumah.
14.
Pisang Coklat
Merupakan pisang yang diselimuti dengan kulit lumpia kering yang telat ditaburin dengan coklat bubuk yang dicampur dengan gula.
15.
Kue Bakpau
Merupakan makanan yang saya tunggu-tunggu di teras rumah.
16.
Martabak Manis dan Roti Bakar Khas Bandung
Merupakan makanan favorit dirumah setiap malam.
17.
Dan lain-lainnya.



Sekian ulasan singkat tentang street food Indonesia, semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk kita semua. Maju dan berkembanglah street food Indonesia….


St. Anisah Juita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sate Lokan Nan Kaya Gizi

sumber gambar :  http://www.antarasumbar.com/index.php?sumbar=foto-utama&id=8383

Menikmati Malam di Legian, Bali (9 Desember 2012)

hallo semua.... ini kami mahasiswa yang berasal dari Palembang, Jakarta, dan Pontianak - Monumen Bom Bali, Legian, Indonesia -

Syabu - Shi in PS Mall

Hola..... :) Sekian lama nggak ngeblog, jadi KANGEN ;) Now, I will tell you about some foods at Syabu - Shi Syabu - Shi adalah restaurant Jepang yang berada di dalam PS Mall ( Jln. Pom IX, Palembang) lantai 4. Restaurant ini biasa buka mulai dari jam 5 sore, so kamu g' akan punya kesempatan untuk sarapan atau makan siang disini ya sob..! :p